-

-
Yang kutulis belum tentu tentangku, tentangmu, manalagi dia.

[Resensi] Andy F. Noya – Kisah Hidupku










Judul buku             :  Andy F. Noya – Kisah Hidupku
Pengarang             :  Robert Adhi Ksp
Penerbit                 :  Kompas
Tahun terbit            :  2015








Menyelami Andy F. Noya Lewat Biografi

Pada 2015 lalu Kompas menerbitkan sebuah buku Biografi yang mengangkat kisah hidup seorang Andy F. Noya, yang sudah akrab dikenal melalui acara “Kick Andy” di Metro Tv. Apabila dalam acara tersebut ia lebih banyak mengulas kisah hidup inspiratif dari orang lain, kini giliran seorang Andy menuangkan kisah hidupnya melalui sebuah buku. Buku dengan kata pengantar dari Jakoeb Oetama & Surya Paloh ini merupakan hasil bujukan 4 tahun lamanya, yang dengan apiknya oleh Robert Adhi Ksp dikemas, sehingga alurnya membuat kita sebagai pembaca ikut hanyut dalam setiap katanya.

            Seolah dirangkul untuk bersahabat, sosok Andy dibahas secara lengkap mulai dari kisah kelam masa kecil, keluarga yang broken home, masa remajanya di papua, kuliah yang tak tuntas, kisah cinta yang mengundang tawa, awal melangkah dibidang jurnalis, hingga karir gemilangnya saat ini. Ditambah dengan foto-foto yang semakin menambah kesan hidup dalam setiap cerita yang dipaparkan. Membuat pembaca tak hanya mengenalnya dari luar, tetapi ikut menyelami sedalam yang dirasakan Andy.

            Buku ini penuh kejutan emosi, ketegangan, kejenakaan, menyentuh, namun pula menginspirasi. Banyak sekali hal-hal yang belum pernah diungkap ke publik, dikupas mendalam pada buku setebal 436 halaman. Setelah membaca buku ini saya pribadi menjadi lebih mengenal seorang Andy Flores Noya. Mengetahui bagaimana masa kecil Andy, membuat saya paham akan keputusan-keputusan yang ia ambil dan sikap yang ditunjukkannya saat ini.

            Baru saya sadari, ternyata seorang Andy tidak kalah inspiratifnya dengan tamu yang biasa dihadirkan dalam acara Talkshownya. Buku ini dapat memotivasi mereka yang pernah mengalami kegagalan serta mengecap pahitnya kehidupan. Menuturkan bahwa hal itu bukanlah penghalang menggapai kesuksesan, bahkan menginspirasi orang lain untuk berbuat baik kepada sesama. Buku ini membuat saya mengenal, bahwa Andy tumbuh sebagai pribadi yang jujur, memiliki prinsip, tidak cepat puas, berani, dan tegas atas segala tantangan hidupnya, yang itu semua merupakan kunci sukses Andy F. Noya.

            Namun, didalam buku ini terdapat beberapa bagian yang menurut saya tidak perlu dijelaskan begitu rinci, seperti kisah Sam Pek Eng Tay, tokoh wayang Bima, karena terlalu menyimpang dari apa yang sedang diulas dalam kisah pada bagian pertama. Pada bagian yang lain, dituliskan beberapa peristiwa besar dalam sejarah Indonesia, yang justru memperlihatkan sisi profesional seorang Andy yang ikut menjadi saksi perubahan Indonesia. Lain halnya pula dengan bagian ketika ia begitu rinci menjelaskan tentang Gunung Gamalama yang meletus, karena hal tersebut justru dibutuhkan untuk membantu gambaran sang pembaca.

Dalam setiap cerita yang menggunggah hati dan pikiran terselip gurauan “garing” khas seorang Andy. Membuat buku ini tak begitu serius layaknya kuliah umum, namun imbang. Membuat siapapun yang membaca ingin mengetahui kelanjutan tiap memori pilu yang selalu dapat dihadapi dengan caranya sendiri.

            Dan berikut adalah kutipan yang saya kira sangat cocok untuk bangsa muda saat ini;

“Kalau kamu tidak setuju terhadap suatu peraturan, seharusnya kamu berjuang untuk mengubah peraturan itu. Bukan melanggar peraturan tersebut” - Andy F. Noya (Andy F. Noya – Kisah Hidupku. Hlm 371)

            Buku ini dapat menjadi refleksi dan tamparan hati, bahwa untuk menjadi baik hati tidak ada kata berhenti kecuali nadi tak berdenyut kembali.


            Merupakan buku Biografi pertama yang saya baca dan sukses memenangkan hati untuk membaca kembali. Sangat disarankan untuk anda yang ingin mencoba mencintai buku dengan kategori Biografi.


###

3 komentar:

  1. menarik banget, pertama baca udah bisa ngebawa perasaan buat baca sampe abis. Jadi pengen cepet2 beli bukunya <3

    BalasHapus